Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dengan pendampingan Melek Teknologi Untuk Pembelajaran Sistem Daring, Luring, atau Blended Learning pada Masa New Normal

Oleh Try Wahyu, S.Pd

 Pada era pandemi Covid-19, membuat banyak orang mengalami perubahan cara kerja. Salah satunya adalah pada bidang pendidikan. Proses pembelajaran berpindah dari sistem tatap muka menjadi sistem pembelajaran secara daring atau online. Hal ini mengakibatkan guru atau dosen memiliki peran serta tantangan baru yang lebih kompleks, karena bagaimana membuat pembelajaran tuntas dengan tingkat penguasaan efektif bagi para peserta didik. Tetapi juga bagaimana mengelola pembelajaran yang edukatif dengan anak didik.

Pada masa new normal, perubahan kembali terjadi yang awalnya pembelajaran secara daring dilakukan secara fulltime sekarang kembali ke pembelajaran Blended learning/kombinasi hingga luring meski dengan pertemuan terbatas.

Di SMKN 3 Sibolga juga mulai menggunakan pembelajaran tatap muka sementara dengan pembagian sesi yang terbatas antara guru dan siswa. Pertanyaannya apakah bisa para guru mendapatkan tujuan dan hasil pembelajaran yang diharapkan?

Untuk itu kita bahas bahwasanya para guru tetap akan berhasil mencapai tujuan pembelajaran danharapanny akepada siswa jika skill dalam pedagogi dan skill dalam teknologi dipadukan dengan baik.

Guru merupakan profesi yang mempunyai kewajiban untuk menguasai empat kompetensi. Empat kompetensi tersebut salah satu di antaranya adalah kompetensi pedagogik. Menurut (Yulianti, 2012) kompetensi pedagogik ialah kemampuan seorang guru untuk bisa mengelola pembelajaran di kelas, pengelolaan yang dimaksud yaitu membuat sebuah perancangan dan pelaksanaan serta mengevaluasikan hasil dan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran. Dengan tujuan agar dapat mengetahui potensi peserta didik mana saja yang bisa dikembangkan lebih baik lagi.

Jika dilihat dari proses pembelajaran, kompetensi pedagogik ialah kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dan hal tersebut harus mampu diwujudkan oleh setiap guru (Susanto et al., 2020). Profesionalitas guru tercermin dari bagaimana seorang guru tetap bisa mengimplementasikan kompetensinya dalam kondisi dan situasi yang mengalami perubahan ini. Karena guru merupakan seseorang dengan profesi yang dituntut untuk selalu mengembangkan profesionalismenya (Agustina and Susanto, 2017). Pada masa-masa seperti ini, seorang guru dituntut untuk tetap bisa profesional dalam menjalankan proses pembelajaran. Selain itu, dapat menyelaraskan semua faktor untuk mencapai hasil belajar yang maksimal (Susanto, Rachmadtullah and    Rachbini, 2020).

Selain kompetensi pedagogik, guru juga harus menguasai keterampilan dasar manajemen kelas dan literasi digital. Manajemen kelas ialah cara yang biasa dilakukan oleh pendidik dalam mengkoordinasikan pembelajaran dengan tujuan berfokus pada perilaku belajar sehingga menunjang tercapainya tujuan pembelajaran (Rahayu and Susanto, 2018). Sedangkan Keterampilan literasi digital atau TIK dalam dunia pendidikan perlu dibangun untuk perkembangan peserta didik dan membangun pandangan yang positif, refleksi, kritis dan evaluative (Susanto, Rachmadtullah and Rachbini, 2020).

Nah berikut Rekomendasi aplikasi agar Bapak/Ibu guru yang cakap pedagogi namun tetap melek teknologi dalam pembelajaran Blended Learning pada masa New Normal

Animaker

Animaker merupakan sebuah platform yang dapat digunakan oleh guru dalam membuat video animasi materi pembelajaran. Aplikasi ini dapat memudahkan guru dalam penyampaian materi yang rumit sekalipun harus tatap muka terbatas. Video animasi yang telah dibuat dapat dibagikan kepada peserta didik sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Edmodo

Layanan berbasis pendidikan yang diluncurkan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini dapat digunakan oleh Bapak/Ibu Guru untuk berbagi konten materi, mendistribusikan kuis, membagikan tugas, serta mengelola komunikasi antara pengajar, siswa hingga menyampaikan laporan langsung kepada orangtua siswa. Edmodo menjadi salah satu aplikasi pembelajaran yang cukup diminati di dunia karena penggunaannya yang mudah dan didukung oleh fitur solutif yang ditawarkan terhadap perkembangan teknologi khususnya di dunia pendidikan.

Zoom/ Gmeet

Zoom/Gmeet merupakan aplikasi yang populer belakangan ini. Zoom/Gmeet memungkinkan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh secara daring dengan penyampaian materi pelajaran oleh pengajar yang dapat tersampaikan kepada siswa, sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara dua arah dan siswa bisa langsung memberikan umpan balik terhadap materi yang disampaikan.

Salah satu fitur pada aplikasi ini yang sangat berguna adalah fitur screen record yang dapat digunakan untuk merekam materi yang disampaikan pada layar. Dengan fitur ini, kita tidak perlu khawatir untuk ketinggalan materi yang bisa diakses melalui video rekaman yang tersimpan.

Edpuzzle

Edpuzzle merupakan sebuah platform yang dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam membantu memilih video pembelajaran, mengedit, memotong, merekam suara serta dapat menambahkan pertanyaan untuk dijadikan penilaian dalam bentuk kuis. Dengan edpuzzle, kegiatan pembelajaran dengan menonton video pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk lebih aktif. Dengan penggunaan edpuzzle untuk penyampaian materi pembelajaran, guru dapat mengetahui seberapa lama siswa saat menonton video pembelajaran dan statistik penyelesaian menonton video yang diberikan guru. Penasaran bagaimana penggunaan Edpuzzle dalam penyampaian materi pembelajaran?