03. Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)

Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai lanjutan penguasaan mata pelajaran dasar kejuruan program ketenagalistrikan di fase E. Mata pelajaran ini memuat kompetensi profesional untuk membekali tamatan menjadi pekerja pada sektor instalasi tenaga listrik, seperti: instalatir, operator peralatan ketenagalistrikan, installation engineer assistant, dan electrical m&r division staff, operator pelaksana pekerjaan iluminasi, teknisi perawatan kelistrikan, teknisi servis perbaikan peralatan listrik, atau sebagai wirausaha sesuai bidangnya. Selain itu tamatan memiliki peluang melanjutkan pendidikan sesuai kejuruannya. Dokumen Capaian Pembelajaran mata pelajaran ini menjadi dasar penyusunan tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan bahan ajar

Standar kompetensi yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum ini  adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listriki. Standar kompetensi dan level kualifikasi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dapat digambarkan sebagai berikut :

  1. Menganalisis rangkaian listrik
  2. Memahami dasar -dasar elektronika
  3. Menggunakan hasil pengukuran
  4. Menerapkan pengukuran komponen elektronika
  5. Menafsirkan gambar teknik listrik
  6. Melakukan pekerjaan mekanik dasar
  7. Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
  8. Merawat peralatan rumah tangga listrik
  9. Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik
  10. Memperbaiki motor listrik
  11. Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana
  12. Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat
  13. Memasang sistem pentanahan instalasi listrik
  14. Memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana
  15. Memasang instalasi tenaga listrik bangunan bertingkat
  16. Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik
  17. Mengoperasikan sistem pengendali elektronik
  18. Mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah
  19. Merawat panel listrik dan switchgear
  20. Merawat dan Memperbaiki Pendingin Rumah tangga

Peluang / Bidang Kerja

Sesuai dengan ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan pada jenjang SMK seperti :

  1. Perusahaan dan Industri, Sebagian besar perusahaan membutuhkan seorang teknisi ketenagalistrikan yang bertugas untuk dapat menjadi perancang semua mesin industri yg menggunakan control PLC  dan Peralatan-peralatan cerdas seperti smart meter, smart sensor, smart appliances anda device
  2. Instansi Pemerintah, Peluang kerja di pemerintahan pun terbuka bagi lulusan Teknik Ketenagalistrikan. Bertugas sebagai maintenance ( dapat menjadi teknisi dan sekaligus merawat) kelistrikan gedung baik yg manual maupun yg semi otomatis.
  3. Developer, Lulusan Teknik Ketenagalistrikan pun berpeluang bekerja di perusahaan pengembangan alias developer sebagai perancang kelistrikan rumah tangga, ruko, pengembang mobil listrik, hingga produk futuristik lainnya.
  4. Kontraktor, Peluang kerja Teknik Katenagalistrikan juga dibutuhkan untuk membantu perusahaan kontraktor, yaitu menangani jasa pemasangan instalasi listrik penerangan dan tenaga, pemasangan panel daya pada gedung-gedung bertingkat dan juga kelistrikan AC.
  5. Wirausaha, Apabila lulusan Teknik Ketenagalistrikan tidak mau bekerja dibawah perintah orang lain, maka lulusan Teknik Ketenagalistrikan dapat mendirikan usaha sendiri. Dengan kemampuannya dapat membuka jasa pemasangan dan perbaikan, instalasi penerangan, instalasi tenaga (panel), instalasi pemasangan motor listrik dan lain – lainnya.
  6. Teknisi Listrik yang bertanggung jawab atas jalannya perlengkapan dan peralatan listrik di suatu tempat.
  7. Teknisi Service seperti perbaikan pompa listrik, panel kendali motor dan lain sebagainya.
  8. Mecanical Engginer seperti pengoperasian mesin-mesin industri, kelistrikan dan otomasi.
  9. Teknisi Kantor untuk memelihara kelistrikan dan berbagai peralatan listrik.
  10. Bekerja di Badan Usaha Milik Negara bidang energi dan pertambangan antara lain PLN, PT Pertamina, PT Indonesia Power, dan juga BUMN lainnya